Kamis, 21 Maret 2013

Kendala Lingkungan Pemasaran

Kendala Lingkungan Pemasaran
Kendala merupakan suatu hal yang lumrah dalam sebuah proses usaha. Demikian juga dalam usaha pemasaran bisnis, kendala pemasaran merupakan hal yang biasa akan muncul meskipun terkadang kita sudah melakukan sebuah rancangan manager yang terbaik. Persoalannya adalah sejauh mana pihak perusahaan menyiapkan berbagai langkah alternatif untuk mengatasi berbagai bentuk kendala pemasaran yang akan dan mungkin muncul. Sebuah manajemen dan strategi pemasaran yang cukup profesional biasanya akan mampu meminimalisir berbagai bentuk kendala pemasaran yang akan atau mungkin muncul di pasar konsumen.
Kendala pemasaran apabila tidak disikapi dengan berbagai kebijakan kreatif perusahaan akan mendorong penurunan angka penjualan, dan pada akhirnya akan berdampak pada anjloknya laba perusahaan atau bahkan sampai pada kondisi terparah yakni kebangkrutan. Kendala pemasaran merupakan hal yang harus sudah diprediksikan pada saat rancangan strategi pemasaran disusun. Beberapa hal yang bisa menjadi kendala pemasaran adalah sebagai berikut:
1. Kendala internal
Kendala pemasaran dari ruang internal adalah kendala yang mungkin muncul sebagai akibat dari kesalahan manajemen internal, misalnya kesalahan dari segi kualitas hasil produk, kendala dari sumber daya manusia di bidang pemasaran atau strategi yang kurang tepat dalam membidik pasar yang dipilih. Kendala-kendala internal tersebut secara langsung akan berdampak pada optimalisasi upaya pemasaran. Oleh sebab itu, dari awal penyusunan strategi dan manajemen pemasaran perlu dilakukan analisa yang teliti terhadap kemungkinan hal-hal yang akan muncul sebagai kendala pemasaran.
2. Kendala eksternal
Kendalan pemasaran dari luar juga bisa muncul dan menghambat proses strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Beberapa bentuk kendala pemasaran dari luar diantaranya adalah munculnya kompetitor baru yang memberikan daya saing tinggi terhadap perusahaan, respon konsumen di luar prediksi, krisis ekonomi atau politik dan berbagai bentuk hal-hal lain yang mampu menjatuhkan minat pelanggan dan konsumen untuk membeli produk barang atau layanan jasa yang disediakan perusahaan.
Berbagai bentuk kendala pemasaran di atas perlu disikapi secara bijak oleh pihak perusahaan. Kebijakan yang menyangkut pemasaran memang membutuhkan keberanian yang besar untuk menanggung berbagai kemungkinan dan resiko. Namun cara ini sangat penting dilakukan guna menyelamatkan kondisi perusahaan dari ambang kebangkrutan. Rencana dan strategi pemasaran perusahaan yang baik akan mampu meminimalisir berbagai bentuk kemungkinan kendala pemasaran yang akan muncul dikemudian hari.
Kendala pemasaran yang mampu diselesaikan dengan baik akan membuat kualitas pemasaran sebuah perusahaan semakin diperhitungkan. Pengalaman adalah guru berharga yang akan mampu membuat sebuah perusahaan lebih resisten terhadap berbagai kemungkinan dan kendala bisnis di masa akan datang. Memiliki tim analisa pemasaran yang handal akan memberi sedikit kemungkinan perusahaan bersangkutan mampu bertahan terhadap berbagai kendala pemasaran yang akan muncul di sebuah perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar